5 Obat Alami Diabetes

Obat Alami Diabetes

Sebagian masyarakat barangkali sudah tidak asing dengan diabetes melitus atau kencing manis. Penyakit ini muncul karena produksi hormon insulin kurang aktif pada organ pankreas yang berasal dari sel kelenjar langerhans. Solusi atas permasalahan tersebut adalah menjaga agar gula darah tetap pada kondisi stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi obat alami diabetes.

 Tanaman Potensial Jadi Obat Alami Diabetes

  1. Kunyit

Walau kunyit lebih dikenal sebagai penyedap makanan, tanaman ini ternyata menyimpan potensi dalam hal mengendalikan gula darah secara alami. Berangkat dari kandungan antioksidan, penderita diabetes berpotensi menurunkan kadar gula hingga mencapai 18% per 300 mg kunyit.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, mengonsumsi kunyit setiap hari sebanyak 1,5 gram dipercaya mampu mencegah perkembangan diabetes tipe 2 kurang lebih 9 bulan lamanya. Manfaat lainnya, komplikasi penyakit tersebut terbukti bisa dicegah.

  1. Jintan hitam

Habatussauda atau jintan hitam diyakini mampu menurunkan kadar lemak darah, menjaga kesehatan hati dan jantung, serta melawan peradangan. Di sisi lain, melalui kehadiran kandungan antioksidan thymoquinone, tanaman ini bisa menjadi obat alami diabetes. Efeknya terlihat lewat proses perbaikan produksi sekresi insulin, sekaligus pengendalian gula darah.

Manfaat lain dari antioksidan thymoquinone juga bisa menghalangi munculnya dislipidemia diabetik. Suatu kondisi di mana kadar lemak darah berada pada situasi tidak normal, baik terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Di samping itu, juga dipercaya mampu menjadi katalisator penurunan kadar HbA1c, gula dara setelah makan, serta gula darah puasa.

  1. Ginseng

Ginseng sudah sangat familier dalam dunia pengobatan tradisional karena khasiatnya terbukti dapat mengobati beragam jenis penyakit. Bahkan, tanaman ini kerap dimanfaatkan dalam hal peningkatan stamina sejak ribuan tahun silam.

Untuk urusan diabetes, peran ginseng tersalurkan melalui senyawa alami yang memiliki kemampuan menyerap glukosa dalam tubuh dengan teratur. Ini artinya, penderita diabetes dapat meminimalisir potensi pelonjakan gula darah secara tiba-tiba. Semua bagian ginseng mulai dari buah, daun, hingga akarnya dipercaya berfungsi mengatur kadar gula darah.

  1. Kayu manis

Jika ingin melawan peradangan, menurunkan kadar gula seusai makan, serta menurunkan tingkat resistensi insulin, maka kayu manis bisa jadi alternatif solusi. Dikarenakan kandungan obat alami diabetes satu ini dipercaya mampu meningkatkan metabolisme glukosa.

Untuk setiap konsumsi per hari kayu manis sebanyak 6, 3, atau 1 gram dapat mendukung penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, juga membantu menurunkan kompilasi diabetes dalam hubungannya dengan jantung dan darah tinggi. Namun demikian, ini tidak berarti Anda dapat secara bebas mengonsumsi karbohidrat dan gula.

  1. Kelabat

Memiliki kandungan berupa asam amino, kelabat diyakini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sekaligus menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Paling tidak jika penderita diabetes mengonsumsi kelabat setiap hari per 25 gram, maka gula darah dapat dikendalikan agar tidak terjadi lonjakan drastis seusai makan.

Hanya saja, penting untuk mengatur konsumsi kelabat karena jika dilakukan secara berlebihan bisa memicu kemunculan efek samping antara lain kembung, sakit kepala, pusing, gas, dan sakit perut. Cara pemakaiannya dengan merendam semalaman kelabat sebanyak 10 gram dalam air panas untuk kemudian dikonsumsi esok harinya.

Ternyata tidak terlalu sulit menemukan obat alami diabetes selama Anda peka terhadap potensi yang dimiliki oleh beragam jenis tanaman. Namun demikian, ada baiknya tidak mengonsumsi tanaman tersebut secara sembarangan karena itu bisa jadi menyimpan efek samping tertentu yang berbahaya. Langkah paling awal sebelum memutuskan menggunakannya adalah berkonsultasi pada dokter Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *