Obat Herbal Ambeien yang Cukup Ampuh

Obat Herbal Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan salah satu pembengkakan pada pembuluh darah sekitar anus dan rektum. Ambeien yang parah akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hingga saat ini belum ditemukan penyebab pasti ambeien. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya ambeien, yakni obesitas, sembelit, hamil serta kurangnya makanan yang berserat. Meskipun biasanya, ambeien akan menghilang dengan sendirinya, namun kita dapat mengantisipasinya dengan mengetahui obat herbal ambeien.

Beragam Obat Herbal Ambeien Diantaranya Sebagai Berikut

  1. Air hangat

    Air hangat adalah salah satu obat ambeien yang sangat praktis dan tanpa ribet. Caranya dengan menyiapkan air hangat di dalam sebuah wadah atau ember, lalu duduk di atas ember kurang lebih 15 menit terutama usai BAB. Setelah selesai, keringkan dengan handuk. Ulangi 2-3 kali dalam sehari. Air hangat tersebut dapat meningkatkan aliran darah serta dapat membantu mengecilkan pembuluh darah serta mengurangi rasa tidak nyaman.

  2. Es batu

    Cara lain yang juga cukup efektif yaitu dengan mengompreskan es batu pada anus. Caranya menggunakan kain bersih untuk membungkus es batu, lalu dikompres pada bagian anus yang terasa sakit kurang lebih 15 menit. Karena es batu dapat meredakan rasa sakit pada daerah anus, meredakan pembuluh darah yang bengkak dan mengurangi rasa tidak nyaman.

  3. Essensial oil

    Obat herbal ambeien selanjutnya yaitu essensial oil. Anti mikroba dalam essensial oil tersebut dapat membantu untuk mencegah ambeien menjadi parah. Beberapa contoh dari essensial oil yaitu minyak kelapa, minyak vitamin E, serta minyak oil yang mengandung chamomile, minyak ikan dan ekstrak kacang almond.
    Cara menggunakannya dengan mengoleskannya pada anus yang terasa sakit dan didiamkan kurang lebih 15 menit. Minyak tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang lebih parah. Serta dapat sebagai pelembab untuk mengurangi gatal dan perih akibat iritasi.

  4. Lidah buaya

    Selanjutnya yaitu lidah buaya yang mudah ditemukan. Lidah buaya mengandung antiinflamasi yang dapat mencegah iritasi kulit juga dapat membantu meredakan luka ambeien. Senyawa aktif yang terkandung dalam gel lidah buaya juga digunakan secara topical dalam pengobatan homeopati untuk menyembuhkan luka. Serta cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskanya pada bagian anus yang terasa perih kurang lebih 10 menit, atau meminumnya ketika perut sedang kosong, untuk membantu memperlancar pencernaan. Sehingga masalah sembelit dapat teratasi. Lidah buaya menjadi salah satu obat ambeien tanpa efek samping dan cukup aman.

  5. Witch hazel

    Jenis tanaman herbal lainnya, yang dianggap mampu untuk mengatasi dan mengobati ambeien yaitu witch hazel. Tanaman ini dikenal dengan tanaman seribu manfaat, karena memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif. Tanaman ini juga dapat mengurangi rasa gatal, perih, nyeri pada daerah anus akibat ambeien. Selain itu, witch hazel memiliki kandungan tannin dan minyak alami yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi akibat ambeien, obat ini juga sudah tersedia dalam bentuk salep atau krim yang mengandung witch hazel.

Selain dari beberapa obat herbal ambeien yang telah dijelaskan diatas, ambeien juga perlu diatasi dan dicegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga dengan teratur, selain itu juga hindari duduk yang terlalu lama. Apabila memang membutuhkan duduk yang lama, beri bantalan ketika duduk. Dan jangan mengabaikan ambeien yang sudah parah, segera berkonsultasi dengan dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *