Berbagai Obat Herbal Asam Lambung

Obat Herbal Asam Lambung

Asam lambung yang naik dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Naiknya asam lambung disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja seperti stress, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, dan mengonsumsi makanan yang pedas. Saat asam lambung ini, Anda akan merasa mual, kembung, mulut terasa asam, dan nyeri. Terdapat pula beberapa obat herbal asam lambung yang bisa jadi pilihan.

Inilah Berbagai Obat Herbal Asam Lambung yang Efektif

  1. Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat populer di Indonesia. Biasanya, kunyit dipakai sebagai salah satu bahan menu masakan dan juga membuat jamu. Ternyata, kunyit juga dipercaya dapat meredakan asam lambung. Rimpang kunyit merupakan bagian yang akan dipakai sebagi obat herbal dari asam lambung.

  1. Pepaya

    Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berguna untuk meredakan gejala asam lambung dan  kaya serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Manfaat dari pepaya untuk obat herbal  untuk asam lambung telah diuji pada sebuah penelitian.

  1. Mentimun

    Mentimun umumnya dipakai untuk pelengkap pada menu makanan ataupun diolah menjadi minuman segar. Nyatanya, mentimun juga efektif dijadikan sebagai obat untuk asam lambung. Kandungan dalam mentimun yaitu vitamin C, vitamin B, saponin, karoten, curcubaticin, isoquercitrin, fosfor, kalsium, asam amino, dan enzim pencernaan.
    Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat herbal asam lambung yaitu buahnya. Caranya dengan hanya mengonsumsi 2 potong mentimun yang masih segar yang telah dikupas serta dibuang bijinya selama 2  jam sekali.

  1. Temulawak

    Temulawak merupakan tanaman yang mempunyai kandungan mineral, selulosa, pati, minyak asiri, dan kurkumin yang bermanfaat untuk mengobati asam lambung. Selain itu, tanaman yang satu ini juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat berperan dalam menangkap radikal bebas dan melindungi dinding lambung.

  1. Lidah Buaya

    Sari lidah biaya yang telah dimurnikan serta dihilangkan warnanya sangat ampuh untuk meredakan gejala dari asam lambung. Berdasarkan sebuah penelitian yang sudah dilakukan di tahun 2015 silam, jus lidah buaya sangat efektif digunakan untuk mengurangi gejala naiknya kadar asam lambung dalam tubuh.

  1. Madu

    Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa madu mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai obat herbal asam lambung. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh madu sebelum tidur dan sebelum makan.

  1. Temu Putih

    Walaupun temu putih ini tidak sepopuler kunyit, namun sama-sama memiliki khasiat untuk meredakan kadar asam lambung yang ada di dalam tubuh Anda. Akan tetapi, Anda tidak dapat langsung asal mengonsumsi tanaman yang satu ini. Pasalnya, terdapat cara yang tepat dalam mengolah tanaman ini sebagi obat asam lambung.
    Anda harus mencuci rimpang temu putih hingga bersih, lalu seduh rimpang tersebut dalam air yang mendidih. Kemudian, minumlah air seduhan tersebut sekali dalam sehari dan dilakukan rutin selama 14 hari. Namun, untuk ibu hamil tak dianjurkan meminum air rebusan yang satu ini.

  1. Pala

    Pala dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti asam lambung, menghentikan mual atau muntah, dan menghilangkan suara serak. Untuk Anda yang menderita penyakit asam lambung, maka dapat memanfaatkan biji pala sebagai obat herbal.

 

Bacaan Lainnya

Nah, itulah 8 obat herbal asam lambung yang mudah didapatkan. Anda dapat memilih salah satunya untuk meredakan kadar asam lambung serta menjalankan pola hidup yang sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *