Obat Herbal Asam Urat yang Ampuh

Obat Herbal Asam Urat

Penumpukan asam urat dapat menyebabkan nyeri yang hampir sama dengan osteoarthritis. Dikarenakan tingginya kadar asam urat yang ada di dalam darah, maka dapat mengakibatkan penumpukan pada persendian sampai menyebabkan peradangan. Terdapat beberapa pengobatan herbal yang bisa membantu untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Berikut ini obat herbal asam urat yang bisa Anda pilih.

Inilah Beberapa Obat Herbal Asam Urat yang Terbilang Ampuh

  1. Lemon

    Lemon dapat mengobati asam urat karena memiliki kandungan kalsium yang mengikat asam urat serta memecahkannya menjadi senyawa yang lain. Dengan begitu, maka efeknya yaitu kadar yang ada dalam tubuh pun menjadi berkurang. Anda dapat meminum sari lemon dicampur dengan air ataupun secara langsung setiap hari secara rutin.

  2. Secang

    Obat herbal asam urat yang selanjutnya yaitu secang. Secang sendiri memiliki kandungan berupa minyak asiri, oscimenen, d-alfa phallandrne, brazilin, resorsin, dan resin. Senyawa aktif yang terdapat di kayu secang bisa menghambat produksi asam urat di dalam tubuh.  Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan secang apabila menderita penyakit asam urat.

  3. Daun Mangga

    Daun mangga ternyata bukan hanya daun yang biasa saja. Pasalnya, daun mangga mempunyai manfaat untuk dijadikan sebagai obat herbal yang menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan yang ada di dalam daun mangga yaitu flavonoid, fenol, vitamin C, vitamin B, dan vitamin A.
    Daun mangga juga dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Daun mangga mempunyai kandungan berupa pelarut purin yang dapat mengurangi kristal asam urat yang ada di dalam tubuh.

  4. Seledri

    Seledri memiliki kandungan Phthalides, Apigen, Apiin, dan Matinol yang sifatnya diuretik. Kemudian, seledri pun juga mengandung Magnesium, Fitosterol, dan zat yang lain. Untuk penderita asam urat tak diperbolehkan mengonsumsi seledri secara asal untuk mengobati penyakitnya. Pasalnya, ada takaran dan cara khusus ketika mengonsumsi seledri untuk obat herbal.
    Anda dapat mencuci seledri sampai bersih dan memotongnya menjadi kecil-kecil. Kemudian, seledri direbus dengan air 200 cc hingga menyisakan air 100 cc. setelah itu, Anda dapat minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali selama 2 minggu.

  5. Daun Salam

    Faktanya, daun salam tak hanya bermanfaat sebagi bumbu masakan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagi obat herbal asam urat yang cukup ampuh. Kandungan dalam daun salam sendiri yaitu asam folfat, vitamin A, dan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, penderita asam urat tidak diperkenankan mengonsumsi daun salam dengan sembarangan.
    Pasalnya, ada cara yang terbaik untuk mengolah daun salam supaya ampuh dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Anda bisa mencuci daun salam sampai bersih menggunakan air yang mengalir. Kemudian, rebuslah daun salam dengan air mendidih sampai menyisakan 1 gelas air. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

  6. Kayu Manis

    Bahan alami yang terakhir yaitu kayu manis. Kayu manis memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang dapat berperan dalam menghambat produksi asam urat di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa  obat herbal asam urat yang cukup ampuh untuk mengobati penyakit tersebut. Tentunya hal ini bisa menjadi alternatif lain apabila Anda yang tidak mau mengonsumsi obat farmasi. Anda dapat memilih salah satu dari 6 bahan yang sudah disebut di atas dan mengonsumsinya secara rutin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *