Obat Herbal Diabetes Melitus

Obat Herbal Diabetes

Beberapa cara bisa dilakukan oleh penderita diabetes mellitus untuk menurunkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Caranya dengan rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan yang tak memicu gula darah naik, dan mengonsumsi obat. Namun, bila tidak mau mengonsumsi obat kimia, maka terdapat beberapa obat herbal diabetes melitus yang wajib Anda ketahui.

Inilah Beberapa Obat Herbal Diabetes Melitus yang Dijamin Ampuh

  1. Biji Alpukat

Untuk bisa merasakan manfaat biji alpukat untuk mengobati diabetes melitus, maka irislah tipis-tipis bijinya sampai kering. Kemudian, blenderlah biji alpukat hingga halus dan masukkan serbuknya ke dalam kapsul. Konsumsilah kapsul biji alpukat tersebut satu kali dalam sehari.

Bacaan Lainnya
  1. Rambut Jagung

Rambut jagung efektif untuk mengobati diabetes melitus karena memiliki kandungan beta-sitosterol, stigmasterol, asam yashushu, volatil alkaloid, vitamin K, dan potassium nitrat. Anda dapat menyiapkan 30 sampai 50 gram rambut jagung serta air secukupnya saja. Kemudian, rebuslah rambut jagung hingga mendidih, dinginkan dan minum.

  1. Daun Kersen

Daun kersen memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cocok dijadikan sebagai obat herbal diabetes melitus. Senyawa aktif yang ada di dalam daun kersen dapat berperan dalam meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

  1. Daun Kelor

Daun kelor mempunyai sifat antidiabetik yang membuatnya dipercaya dapat dengan efektif mengobati penyakit diabetes melitus. Selain itu, daun kelor juga mengandung kalsium, karbohidrat, fosfor, zinc, magnesium, ferrum, vitamin C, riboflavin, thiamin, dan betakaroten. Sebelum mengonsumsi obat herbal yang satu ini, dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Ciplukan

Ciplukan adalah tanaman liar yang biasanya tumbuh di kebun dan sawah kering. Buah ciplukan bentuknya bulat dengan warna hijau kekuningan serta mengandung vitamin C, gula, tannin, kriptoxantin, alkaloid, dan asam malat. Zat-zat itulah yang membuat ciplukan sering dijadikan sebagai obat herbal berbagai penyakit, salah satunya diabetes melitus.

  1. Daun Belimbing Wuluh

Tidak hanya dijadikan pelengkap masakan, belimbing wuluh pun dapat dijadikan sebagai obat herbal yang sangat ampuh untuk beberapa penyakit. Tidak hanya buah dan bunganya saja, daun blimbing wuluh pun bisa mengobati beberapa penyakit seperti diabetes melitus, sariawan, batuk, hingga demam.

Anda bisa mencuci daun belimbing wuluh sampai bersih, lalu menumbuknya dengan air sampai halus. Setelah itu, minumlah tumbukan daun belimbing wuluh kurang lebih seperempat cangkir sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Bengkuang

Bengkuang merupakan buah yang populer dalam dunia kecantikan herbal karena dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Ternyata bengkuang juga efektif dijadikan sebagai obat herbal diabetes melitus. Apabila Anda ingin merasakan manfaatnya, maka siapkan 1 atau 2 buah bengkuang yang sudah matang.

Kupaslah dan cuci hingga bersih, lalu parut dan peras buah bengkuang tersebut. Kemudian, minumlah air perasan buah bengkuang tersebut secara teratur sebanyak dua kali dalam satu hari.

  1. Duwet

Duwet mempunyai bentuk menyerupai anggur dengan warna hitam. Duwet terbilang ampuh dijadikan obat herbal bagi penderita diabetes melitus karena mempunyai sifat antidiabetes serta mengandung tannin yang dapat menurunkan gula darah di dalam tubuh. Bian dari duwet yang dijadikan obat herbal yaitu pada bijinya.

Nah, itulah beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal diabetes melitus. Selain mengonsumsi obat herbal ini, Anda juga masih perlu melakukan olahraga dan menjaga makanan supaya bisa cepat sembuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *