Rekomendasi 7 Obat Herbal Diabetes

Obat Herbal Diabetes

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang berlangsung dalam jangka panjang. Penyebab diabetes ini adalah karena adanya peningkatan kadar gula darah didalam tubuh melebihi nilai normal. Gula darah merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan, maka sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, ketahuilah 7 obat herbal diabetes berikut ini.

Inilah 7 obat herbal diabetes yang ampuh

  1. Kunyit

    Tak hanya menjadi penyedap masakan, kunyit ini dipercaya sebagai obat diabetes alami. Karena didalam kunyit terkandung antioksidan yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah. Dengan mengonsumsi obat herbal kunyit ini, maka penderita diabetes akan berkurang kadar gula darahnya hampir 18 %.  setelah mengonsumsi 300 mg kunyit dalam bentuk obat herbal per hari.

  2. Jahe

    Jahe merupakan rempah-rempah yang sangat populer dikarenakan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk sebagai obat diabetes. Selain itu, jahe juga memiliki khasiat untuk mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kompilasi pada mata, serta penyakit jantung akibat diabetes. Dengan mengonsumsi jahe sebanyak 300 gram selama delapan minggu dipercaya dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh serta kadar Hba1C pada 88 penderita diabetes.

  3. Ginseng

    Dalam membahas 7 obat herbal diabetes, ada juga ginseng yang sangat terkenal di seluruh dunia berkat pamornya yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Sebuah penelitian menemukan bahwa didalam ginseng terkandung senyawa alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes yaitu membantu mengatur penyerapan kadar glukosa dalam tubuh. Sehingga mampu mencegah gula darah melonjak tiba-tiba. Akarnya pun juga memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina sejak ribuan tahun lalu.

  4. Daun sirsak

    Selain buahnya yang dapat dimakan, ternyata daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat herbal alami salah satunya untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Di dalam daun sirsak terkandung polifenol dan flavonoid yang bersifat antihiperglikemik yang dapat mengurangi laju pemecahan gula dari makanan menjadi sederhana.

  5. Lidah buaya

    Lidah buaya sangat populer sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat diabetes. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan lektin, mannans, dan antrakuinon. Senyawa aktif tersebut dapat meringankan luka diabetes dengan meredakan pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan akibat komplikasi diabetes.

  6. Bawang putih

    Ekstrak bawang putih mengandung ethanol, Sehingga membuatnya dapat digunakan sebagai salah satu obat herbal diabetes. Selain itu bawang putih juga dapat menyembuhkan penyakit lainnya. Karena memiliki sifat antibakteri serta dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah maupun kadar kolesterol.

  7. Jintan hitam

    Yang termasuk 7 obat herbal diabetes terakhir ada jintan hitam. Obat herbal dari jintan hitam ini digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk diabetes. Jintan hitam disebut juga habbatussauda, yang diketahui dapat menurunkan kadar lemak darah, melawan peradangan serta menjaga kesehatan jantung dan hati.

Manfaat habbatussauda sebagai obat diabetes karena kandungan antioksidan thymoquinone. Antioksidan ini dapat mengendalikan gula darah sekaligus membantu memperbaiki produksi sekresi insulin.

Bacaan Lainnya

Demikianlah pembahasan mengenai 7 obat herbal diabetes yang perlu kalian ketahui. Diabetes merupakan penyakit metabolik yang berbahaya dan bisa berlangsung jangka panjang sekaligus dapat menyulitkan kegiatan kita jika sampai kadar gula darah tinggi, maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa mencegah hal tersebut dengan mengonsumsi obat herbal diabetes pilihan diatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *