Inilah Obat Herbal Kolesterol Efektif Wajib Dicoba

Obat Herbal Kolesterol

Kolesterol dalam jumlah normal dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel-sel baru. Namun, kolesterol yang dibiarkan tinggi akan menumpuk pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pada arteri. Selanjutnya, dapat mengakibatkan penyakit serius lain seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu, beberapa obat herbal kolesterol berikut bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya.

5 Obat Herbal Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

  1. Bawang Putih

    Bawang putih selain dijadikan bumbu dapur utama juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis. Hampir seluruh bagian bawang putih dimanfaatkan dalam pengobatan herbal. Selain di Indonesia, pengobatan herbal bawang putih juga telah banyak digunakan di luar negeri, seperti Rusia dan Jepang.
    Kandungan allicin pada bawang putih mentah dipercaya selain ampuh membunuh bakteri juga berperan menghambat peningkatan kolesterol LDL (efek farmakologis antiinflamasi bawang putih). Untuk pengobatan kolesterol bawang putih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah, sehingga kandungan allicin tetap terjaga.

  2. Bawang Bombay

    Selain bawang putih, ternyata bawang bombai juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada bawang bombai dapat mengontrol tingkat kolesterol

  3. Jahe

    Siapa yang tak kenal jahe, selain sebagai bumbu dapur jahe juga banyak dijadikan minuman. Meski memiliki cita rasa pedas jahe banyak dinikmati sebagai minuman karena efeknya yang memberi kehangatan pada tubuh, serta dapat melonggarkan pernapasan dan meredakan batuk.
    Jahe juga dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengonsumsi sekitar lima gram jahe dalam kurun waktu tiga bulan dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 30 poin.
    Untuk mengonsumsi jahe, Anda hanya perlu menghaluskan jahe menggunakan parutan. Kemudian letakkan dalam saringan dan seduh dengan menggunakan air panas. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula sebagai pemanisnya.

  4. Angkak

    Berbeda dengan ketiga obat herbal kolesterol di atas angkak bukan termasuk jenis rempah-rempah, tetapi angkak juga banyak digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Cina. Di Indonesia angkak sering digunakan untuk mengobati demam berdarah. Sebenarnya ada banyak manfaat angkak sebagai obat herbal salah satunya untuk menurunkan kolesterol.
    Angkak sendiri merupakan beras yang telah difermentasi menggunakan jamur bernama monascus purpureus. Angkak memiliki kandungan monacolin. Monacolin inilah yang berperan menurunkan kolesterol total dan LDL, serta trigliserida dalam darah. Kandungan monacolin ini juga dapat ditemukan langsung pada beberapa obat penurun kolesterol.
    Meskipun angkak bukan jenis rempah-rempah yang bisa dengan mudah di dapatkan. Anda jangan khawatir karena angkak juga banyak di jual di apotek-apotek.

  5. Kedelai

    Secara tidak langsung kedelai telah menjadi konsumsi harian bagi masyarakat Indonesia dalam bentuk olahan susu, tahu dan tempe. Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang enak dan lezat ternyata kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.
    Kedelai kaya akan vitamin di antaranya, zat besi, sodium, vitamin A, B1, B2, B12, C, E, K, kalsium, isoflavone, serat dan lestin. Kandungan isoflavone dan lestin inilah yang bermanfaat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Selain menggunakan obat herbal kolesterol di atas, Anda juga bisa mengimbangi dengan pola hidup sehat untuk mengurangi kadar kolesterol seperti dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, menjaga berat badan, tidak merokok dan stres, serta berolahraga. Selain itu, jangan lupa untuk cek kadar kolesterol Anda dan konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *