Beragam Obat Herbal Sakit Gigi

Obat Herbal Sakit Gigi

Sakit gigi biasanya ditandai oleh munculnya rasa nyeri di sekitar ataupun di dalam gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti infeksi pada gusi, gigi bengkak, tumbuh gigi, kerusakan gigi, cedera, infeksi sinusitis, fraktur gigi, sampai tambalan gigi rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan obat herbal sakit gigi yang bisa menjadi pertolongan pertama.

Berikut Ini Beberapa Obat Herbal Sakit Gigi

  1. Es Batu

    Apabila sakit gigi yang diderita disebabkan oleh adanya benturan yang mengakibatkan cedera gigi, maka Anda bisa menempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain tipis  ke bagian luar sisi pipi. Nyeri yang dirasakan seketika bisa menghilang.

  2. Bawang Putih

    Bawang putih sudah sejak lama dipercaya mampu menjadi obat herbal sakit gigi yang sangat efektif. Bawang putih dikatakan dapat membunuh bakteri dalam plak gigi serta meredakan rasa nyeri sakit gigi. Untuk dapat memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi, maka Anda bisa menghancurkan 1 siung bawang putih hingga halus.
    Kemudian, oleskan ke seluruh area yang menderita sakit gigi. Anda pun bisa mengunyahnya langsung apabila tidak mau terlalu ribet untuk mengolahnya.

  3. Minyak Cengkeh

    Obat alami yang satu ini terbilang efektif untuk meredakan rasa sakit gigi dan mengurangi peradangan. Minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa kimia eugenol yang menjadi antiseptik alami. Untuk bisa menjadikan minyak cengkeh sebagi obat sakit gigi, maka Anda dapat mencampurkan tiga tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak zaitun.
    Setelah itu, masukan kapas serta biarkan minyak untuk menyerap dalam kapas. Kemudian, taruhlah kapas itu di gigi yang terasa sakit. Anda juga dapat meneteskan satu minyak cengkeh dalam segelas air serta menggunakannya seperti obat kumur.

  4. Teh Peppermint

    Selain dapat diminum, ternyata teh peppermint juga dapat digunakan sebagi obat sakit gigi ataupun gigi sensitive. Untuk memperoleh manfaat yang satu ini, maka gunakanlah teh celup peppermint. Caranya juga mudah yaitu dengan memanaskan air, mencelupkan kantung teh peppermint.
    Kemudian angkat serta dinginkan kantung teh dalam freezer beberapa menit. Setelah dingin, Anda dapat menggigit kantung teh peppermint tersebut dengan memakai gigi yang terasa sakit.

  5. Garam

    Anda dapat menggunakan garam sebagi salah satu obat herbal sakit gigi. Mudah sekali caranya, cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air kemudian memakainya untuk kumur.
    Air garam bisa sebagai disinfektan alami guna mengurangi peradangan serta menyembuhkan luka pada mulut. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu untuk membuang sisa kotoran dan makanan yang menempel diantara gigi.

  6. Daun Sirih

    Biasanya daun sirih dikenal menjadi tanaman herbal yang memiliki khasiat guna merawat area pada kewanitaan. Ternyata manfaat dari daun sirih bukan hanya itu saja, melainkan juga bermanfaat untuk obat herbal yang efektif meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang.

Caranya dengan menyiapkan daun sirih 2 lembar, garam setengah sendok, dan air hangat satu gelas. Cucilah daun sirih dengan air yang mengalir hingga bersih. Lalu, remaslah daun sirih serat seduhlah dengan air yang hangat.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, masukkan garam sambil diaduk sampai larut. Diamkan hingga air daun sirih menjadi dingin. Kemudian, Anda sudah dapat menggunakan air daun sirih tersebut untuk berkumur.

Nah, itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk obat herbal sakit gigi. Bila gigi tidak segera sembuh, maka bawalah ke dokter gigi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *