Ketahui 7 Obat Herbal Sakit Kepala

Obat Herbal Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan nyeri di bagian kepala dan leher disebabkan karena adanya beberapa faktor. Selain itu sakit kepala banyak jenisnya dan obatnya juga berbeda-beda serta memiliki efek samping. Maka dari itu gunakanlah obat herbal yang alami. Berikut ini merupakan 8 obat herbal sit keakpala alami yang ternyata sangat mudah untuk mendapatkannya.

Gunakanlah 8 obat herbal sakit kepala yang mudah dan aman ini

  1. Es batu

    Tidak banyak yang tahu bahwa es batu merupakan obat sakit kepala alami. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan merendam tangan di air es. Hal ini dikarenakan ada saraf tangan yang terhubung langsung ke pusat sakit kepala. Serta  khasiat dari es batu ini sendiri yaitu untuk membuat syaraf yang tegang menjadi rileks.

  2. Jahe

    Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati sakit kepala. Kandungan gingerol jahe dapat memperlancar peredaran darah serta membuat sirkulasi peredaran darah yang baik menuju otak agar mengurangi resiko terjadinya sakit kepala.

  3. kopi

    Sebagaimana yang kalian ketahui bahwa kopi mengandung kafein yang berguna untuk menenangkan sistem syaraf ketika mengalami sakit kepala. Tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi karena dapat menyebabkan kesulitan tidur serta membuat jantung berdebar-debar karena efek kafein tersebut. Sebaiknya minumlah kopi paling banyak dua gelas dalam sehari. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes tipe 2.

  4. kentang

    Dalam membahas obat herbal sakit kepala tak lupa ada kentang. di dalam kentang terdapat kalium yang bermanfaat untuk mencegah sakit kepala. Namun perlu diperhatikan juga dalam penyajiannya. Konsumsilah kentang yang direbus atau dipanggang dan kurangi makanan  kentang yang digoreng.

  5. Makanan yang mengandung magnesium

    Magnesium ini bisa menjadi obat yang mujarap untuk sakit kepala dibandingkan dengan obat yang terdapat kandungan bahan kimia lainnya. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium sebanyak 200 – 600 mg setiap hari dapat mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit.

  6. Aroma mint dan lavender

    Apabila mengalami sakit kepala yang ringan disebabkan karena tidur yang tidak teratur. Maka gunakanlah aroma mint dan lavender ini untuk aromaterapi relaksasi. Karena aroma ini bisa menyembuhkan sakit kepala. Selain itu gunakanlah essential oil yang mengandung aroma tersebut dan pijatlah pada bagian kepala yang sakit.

  7. Cengkeh

    Sifat cengkeh yang mendinginkan dan meredakan nyeri. Dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala yang berdenyut-denyut. Cara menggunakannya yaitu dengan haluskan beberapa siung cengkeh hingga lembut setelah itu masukkan ke dalam sapu tangan yang bersih lalu hirup aroma cengkeh tersebut. Selain itu cara yang kedua yaitu dapat dicampur dengan satu sendok makan minyak kelapa ditambah dengan garam laut lalu ditetesi dua sendok minyak cengkeh. Kemudian setelah tercampur rata pijatlah dahi dan pelipis dengan bahan yang telah dibuat tadi.

  8. Apel

    Yang terakhir yaitu apel maupun sari cuka apel yang dapat digunakan untuk mencegah sakit kepala. Manfaat dari keduanya yaitu untuk membantu mengembalikan keseimbangan asam maupun basa didalam tubuh. Cara mengonsumsinya yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir air dengan setengah cangkir cuka apel kemudian rebus dalam panci tertutup. Kemudian angkat dari api dan peganglah handuk di atas kepala lalu hirup uapnya.

Demikianlah daftar obat herbal sakit kepala yang harus kalian coba jika mengalami sakit kepala. Dan sangat mudah untuk didapat tanpa perlu keluar rumah sekaligus aman bagi kesehatan tubuh kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *