Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit yang Cukup Ampuh

Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit

Munculnya rasa gatal di permukaan kulit tentu sangat mengganggu, bahkan terkadang menyakitkan. Belum lagi, adanya potensi meninggalkan bekas luka saat digaruk secara berlebihan. Tidak jarang, menggaruk kulit justru berujung pada masalah yang lain seperti bersisik dan kering. Demi mengatasi hal ini, ada baiknya memanfaatkan pemakaian obat tradisional untuk penyakit kulit.

5 Obat Tradisional untuk Penyakit Kulit Ini Patut Dicoba

  1. Lidah buaya

    Khasiat lidah buaya dalam sektor pengobatan tradisional tampaknya tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak dibuktikan kesuksesannya, baik melalui penelitian ilmiah maupun klaim pribadi dari para pemakainya. Lidah buaya ternyata memiliki kandungan berupa antiseptik, antijamur, antivirus, serta antibakteri.
    Cara penggunaannya dengan mengoleskan tanaman ini pada permukaan kulit yang terasa gatal atau mengalami iritasi sebanyak tiga hingga empat kali per hari. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mencuci lidah buaya terlebih dahulu demi menghindari adanya infeksi kalau-kalau terkontaminasi virus atau bakteri dari udara.
    Tidak hanya mengurangi rasa gatal, obat tradisional untuk penyakit kulit satu ini juga mampu mencegah peradangan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi menghadapi masalah yang mungkin muncul akibat infeksi.

  2. Kunyit

    Kunyit terbukti mempunyai zat antimikroba yang dapat mematikan kuman. Tidak terkecuali untuk mengobati penyakit kulit, khasiat tanaman ini memang terbilang cukup ampuh. Selain itu, dikenal pula karena sifat alaminya yang antiradang.
    Tidak terlalu sulit untuk memperoleh manfaat tanaman ini, Anda hanya perlu mengkombinasikan kunyit dengan minyak kelapa dan mengaduknya sampai merata seperti pasta masker. Selanjutnya, dioleskan pada permukaan kulit yang mengalami gangguan. Tutup dengan bilasan air setelah campuran kunyit dan minyak kelapa mengering.

  3. Bawang putih

    Lebih dari sekadar bumbu penguat cita rasa masakan, bawang putih ternyata dinilai efektif mengatasi masalah kulit seperti iritasi atau infeksi. Walau belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan klaim ini, tetapi sejumlah hasil studi setidaknya menunjukkan tingkat efektivitas bawang putih dalam mengatasi beragam infeksi jamur seperti Cryptococcus dan Torulopsis.
    Cara memakai obat tradisional untuk penyakit kulit satu ini juga sangat mudah diolah selain keberadaannya bisa ditemukan di mana-mana. Anda tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih, kemudian mengaduknya dalam minyak zaitun atau minyak kelapa.

  4. Minyak kelapa

    Minyak kelapa dinilai ampuh oleh sejumlah penelitian untuk meredakan sekaligus menghilangkan infeksi akibat jamur, mulai dari level ringan hingga sedang. Ini karena terdapat kandungan asam lemak di dalamnya. Asam lemak berfungsi untuk merusak membran dan mematikan sel jamur. Belum lagi, cara pemakaiannya terbilang gampang.
    Anda hanya perlu menghangatkan minyak kelapa hingga teksturnya berubah semakin cair. Setelah itu, oleskan sebanyak tiga kali per hari pada permukaan kulit yang terkena infeksi. Pemanfaatan minyak kelapa bisa pula dilakukan di bagian kepala.

  5. Cuka apel

    Terdapat zat anti jamur dalam kandungan cuka apel. Cara memakainya hanya dengan dioleskan sebanyak tiga kali per hari pada permukaan kulit terinfeksi. Kegiatan ini dapat dilaksanakan tanpa perlu melarutkannya lebih dahulu ke dalam air.

Obat tradisional untuk penyakit kulit butuh pemakaian secara hati-hati karena setiap klaim yang ada belum sepenuhnya terbukti di bidang medis. Karena itu, alangkah bagusnya jika Anda berkonsultasi secara khusus kepada dokter ahli. Selain membantu mengurangi efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan asal, Anda juga bisa memperoleh masukan lebih tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *