Ciri-ciri Penyakit Diabetes Melitus

Ciri-ciri Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang penyebabnya karena kegagalan organ pancreas dalam memproduksi insulin secara memadai hingga menyebabkan suatu peningkatan pada kadar glukosa di dalam tubuh. Diabetes melitus bukanlah penyakit yang menular namun jumlah penderitanya terus meningkat dalam beberapa dekade belakangan. Penyakit diabetes melitus juga memiliki beberapa ciri.

Berikut Ini Ciri-ciri Penyakit Diabetes Melitus yang Harus Diwaspadai

  1. Luka Tidak Cepat Sembuh

Luka seperti memar, bekas gigitan serangga, infeksi, hingga luka di kulit yang tidak cepat sembuh dapat menjadi salah satu alasan ciri-ciri diabetes. Hal ini terjadi karena kadar gula yang tinggi, sehingga membuat dinding pembuluh darah arteri mengeras dan menyempit. Aliran darah yang kaya akan oksigen dari jantung menuju ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

Bacaan Lainnya

Padahal, bagian dari tubuh yang mengalami luka membutuhkan nutrisi dan oksigen yang terkandung di dalam darah agar dapat cepat sembuh. Hal itulah yang menjadikan sel-sel di tubuh mengalami kesulitan dalam memperbaiki saraf dan jaringan yang rusak. Oleh karena itu, penyembuhan luka yang terbuka pun cenderung lambat.

  1. Cepat Lapar

Lapar memanglah hal yang wajar, akan tetapi apabila Anda merasa cepat sekali lapar padahal belum lama makan, bisa jadi ini merupakan ciri-ciri Anda menderita diabetes melitus. Gejala yang satu ini terjadi karena hormone insulin tidak bekerja secara optimal di dalam tubuh. Umumnya, makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa sebagai sumber energi.

Pada orang yang mengidap penyakit diabetes melitus, hormone insulin akan gagal diproduksi serta tak merespon secara baik.  Oleh karena itu, kebutuhan energi pun tak akan dapat tercukup walaupun sudah makan. Lalu, Anda akan merasa mudah lapar karena tubuh memberikan sinyal bahwa tak ada energi yang dapat dipakai.

  1. Sering Merasa Ingin Buang Air Kecil

Selalu merasa ingin buang air kecil menjadi salah satu ciri-ciri mengidap diabetes melitus. Gejala yang satu ini bisa semakin kuat dalam menandakan diabetes apabila terjadinya pada malam hari, hingga membuat Anda sering terbangun dari tidur.

Menurut medis, ciri-ciri penyakit diabetes melitus yang satu ini disebut sebagai poliuria. Keadaan semacam ini bisa terjadi akibat kadar gula darah telah melampaui tinggi, sehingga ginjal tak dapat menyerap seluruhnya. Oleh sebab itu, kelebihan gula tersebut akan dibuang dengan melalui urine.

  1. Gangguan Penglihatan

Fungsi penglihatan memanglah akan selalu mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, apabila Anda sering mengeluh pada gangguan penglihatan seperti penglihatan keruh, buram, kabur sejak usia masih muda, maka waspadalah akan ciri-ciri diabetes melitus. Ciri-ciri ini dapat terjadi akibat kadar gula darah yang tak terkontrol.

Dengan begitu, kadar gula darah ini bisa menyebabkan suatu kerusakan saraf dan pendarahan yang terjadi pada pembuluh darah mata. Apabila kasusnya sudah parah, bahkan mata bisa sampai mengalami gejala glaucoma, katarak, hingga kebutaan yang permanen.

  1. Mudah Haus

Ciri-ciri orang yang mengidap diabetes melitus yang selanjutnya yaitu Anda akan mudah merasa haus. Seringnya buang air kecil menjadikan cairan dalam tubuh semakin berkurang. Akibatnya, Anda akan mudah merasa haus. Namun, rasa haus tersebut terasa berbeda dengan rasa haus yang biasanya, karena tidak kunjung hilang meskipun telah minum banyak.

Itulah beberapa ciri-ciri dari penyakit diabetes melitus yang harus Anda waspadai setiap waktu. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar Anda bisa terhindar dari penyakit kronis yang satu ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *