Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Penyakit Kulit Eksim

Eksim merupakan penyakit yang kerap dialami banyak orang. Penyakit kulit eksim bisa dikenal dengan beberapa tanda seperti rasa gatal yang sangat amat serta kulit yang mengering dan menjadi ruam yang tidak sedap dipandang. Bagian-bagian tubuh yang biasa terserang penyakit kulit ini yakni wajah, leher, tangan dan kaki.  Umumnya bisa terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Karena penyakit ini dapat menyerang siapapun, alangkah baiknya untuk mengetahui penyebab penyakit kulit ini. Adapun beberapa penyebab seseorang mengalami eksim yaitu;

Beberapa Penyebab Penyakit Kulit Eksim yang Harus Diketahui

  1. Perubahan suhu udara

    Sebagian orang memiliki kulit yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda. Kegiatan yang selalu berpindah-pindah dari lingkungan satu ke yang lain bisa menyebabkan tubuh kepanasan dan berkeringat. Hal inilah yang bisa memicu timbulnya eksim.
    Perubahan suhu udara seperti adanya penurunan kelembaban bisa membuat kulit kering. Salah satu jenis penyakit kulit eksim yang terjadi di musim dingin ini yakni eksim numular. Gejala yang ditimbulkan tentu saja rasa gatal yang menyiksa serta ruam yang bisa menyebar ke seluruh tubuh.

  2. Berkeringat atau lingkungan yang panas

    Orang yang memiliki resiko terkena eksim biasanya terjadi pada seseorang yang mudah berkeringat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keringat dapat menimbulkan gejala eksim. Meski tidak semua mengalami hal ini, namun resikonya masih cukup besar.
    Keringat bisa terjadi karena adanya peningkatan suhu tubuh yang diakibatkan suhu lingkungan yang panas. Jadi, bagi yang rentan terkena eksim, alangkah baiknya jika menghindari lingkungan yang panas. Sebaliknya, lingkungan yang sejuk sangat cocok bagi Anda yang rentan terkena penyakit kulit ini.

  3. Jenis kain tertentu

    Mungkin hal ini sedikit aneh, tetapi eksim bisa ditimbulkan oleh jenis kain yang Anda gunakan. Jenis kain seperti wol misalnya bisa membuat kulit iritasi dan menyebabkan eksim. Maka dari itu, hindari untuk menggunakan bahan kain yang kasar dan bisa menimbulkan rasa gatal untuk menghindari resiko penyakit kulit eksim.

  4. Bahan kimia

    Penggunaan bahan-bahan kimia seperti sabun, shampo, krim pembersih dan semacamnya bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kulit eksim. Bahan kimia tertentu bisa membuat kulit menjadi kering dan beresiko terkena eksim. Salah satu contoh yakni bagi orang yang memiliki alergi bisa terkena eksim dikarenakan reaksi alergi dari bahan kimia tertentu.
    Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui kandungan bahan-bahan sebelum Anda menggunakannya. Karena tidak semua orang cocok dengan bahan produk dengan bahan kimia tertentu.

  5. Makanan

    Beberapa makanan bisa memicu timbulnya eksim. Meski tidak berlaku bagi semua orang, beberapa orang bisa terkena eksim karena makanan yang mereka konsumsi. Makanan tertentu yang bisa memicu penyakit ini seperti biji-bijian, kacang, produk susu, gandum dan lainnya.

  6. Pemicu lain

    Penyebab penyakit kulit eksim yang terakhir bisa terjadi karena faktor alergi, infeksi pernafasan atas, bahkan juga stres. Setiap orang tentu memiliki resiko yang berbeda-beda terhadap penyakit kulit ini. Ada yang alergi makanan hingga timbul gejala eksim dan ada juga yang diakibatkan karena rasa stres. Eksim juga bisa ditimbulkan oleh adanya alergi terhadap hewan dan juga debu.

Itulah beberapa penyebab penyakit kulit eksim yang biasa menyerang seseorang. Setiap orang tentu memiliki penyebab yang berbeda-beda saat terkena eksim. Jika Anda mengalami penyakit ini alangkah lebih baik langsung konsultasi ke dokter kulit agar diberikan solusi yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *