Kesehatan


Berbagai Penyebab Penyakit Jantung

penyebab-penyakit-jantung penyebab-penyakit-jantung

Penyakit jantung tentu merupakan hal yang sangat berbahaya bagi keselamatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang belum sadar mengenai penyebab dari penyakit yang satu ini. Padahal terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengidap penyakit jantung. Oleh karena itu, inilah beberapa penyebab penyakit jantung yang wajib Anda waspadai.

BACA JUGA

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Berikut Ini Beberapa Penyebab Penyakit Jantung

  1. Obesitas
    Obesitas ternyata bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Pasalnya obesitas bisa mempengaruhi kadar lipid plasma yang akan cenderung memperberat suatu proses aterosklerosis. Aterosklerosis ini sendiri merupakan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri karena adanya penumpukan plak di dinding pembuluh darah.
  2. Diabetes Melitus
    Penyebab penyakit jantung yang selanjutnya yaitu karena diabetes melitus. Diabetes melitus lebih sering disebut sebagai penyakit kencing manis oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh bisa memicu terjadinya suatu penyempitan pembuluh darah yang menjadi penyebab dari penyakit jantung ataupun stroke.
  3. Hipertensi
    Tekanan darah tinggi atau hipertensi memiliki peran besar terhadap terjadinya penyakit jantung. Hal itu karena hipertensi bisa memaksa jantung bekerja semakin keras dalam mensirkulasikan darah menuju ke seluruh tubuh. Akibatnya, terjadi pembesaran di otot jantung kiri, sehingga pemompa darah pada jantung menjadi tak efisien lagi serta bisa menyebabkan organ vital tersebut menjadi rusak.
  4. Kolesterol Tinggi
    Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi di dalam tubuh bisa mengakibatkan seseorang mengidap penyakit jantung. Kandungan pada kolesterol jahat yang beredar di dalam darah, semakin lama akan semakin menumpuk pada dinding arteri. Dengan begitu, akan menimbulkan plak yang dapat mengakibatkan arteri menjadi kaku serta pembuluh darah semakin menyempit.
  5. Merokok
    Sebagian masyarakat pasti sudah tahu bahwa merokok bukanlah hal baik untuk kesehatan tubuh, melainkan bisa menyebabkan berbagai penyakit salah satunya jantung. Rokok juga terbukti memiliki kandungan nikotin.
    Nikotin yang jika masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan berkurangnya elastisitas pada pembuluh darah. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan berdampak dengan pergeseran pembuluh darah.
  6. Kurang Gerak
    Kurangnya melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik yang cenderung kurang, maka sama saja dengan potensi mengalami obesitas atau kegemukan.
    Sedangkan, Anda tahu sendiri bahwa obesitas bisa menyebabkan jantung tak bergerak secara baik. oleh karena itu, resiko terkena penyakit jantung pun dapat semakin tinggi.
  7. Stres
    Anda yang sering mengalami stress, maka jangan anggap hal ini merupakan hal yang biasa. Pasalnya, stress ternyata juga merupakan salah satu penyebab penyakit jantung yang banyak diabaikan oleh masyarakat.
    Dilansir dari Medical News Today, mengatakan bahwa stress yang berkelanjutan bisa menyebabkan adanya penyempitan pada pembuluh darah. Kondisi yang satu ini dikarenakan oleh tingginya produksi zat katekolamin dan hormone adrenalin yang ada di dalam tubuh.
  8. Jenis Kelamin
    Pria ternyata mempunyai resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada wanita. Akan tetapi, sesudah memasuki masa lanjut usia, maka wanita dapat lebih beresiko mengidap penyakit jantung daripada pria.
    Pada saat usia lanjut, maka wanita akan mengalami penurunan pada hormon. Sehingga, hormone yang melindungi wanita dari penyempitan dan kerusakan pembuluh darah akan menurun secara signifikan.

Nah, itulah beberapa faktor dari penyebab penyakit jantung. Hal ini tentu perlu untuk diketahui sedini mungkin supaya bisa mencegah terkena penyakit jantung.



Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Mengetahui penyebab penyakit kulit eksim sangat penting untuk diketahui untuk mencegah resiko penyakit ini. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab yang umum terjadi.

Ciri-ciri Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus memang menjadi momok yang cukup menakutkan banyak orang. Mengenali ciri-ciri dari penyakit berbahaya tersebut bisa menjadi solusi pertama.

5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Perut kembung tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa saja lho, Bunda. Bahkan, anak-anak juga dapat mengalaminya. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak?

5 Obat Alami Diabetes

Obat alami diabetes ternyata bisa ditemukan di sekitar Anda. Cobalah untuk mengupayakan beragam alternatif solusi sembari tetap berkonsultasi pada dokter.



Verify that you are not a robot.