Tips Mudah Cara Edit File PDF

Cara Edit File PDF

Dokumen saat ini memiliki banyak jenis file akan tetapi yang paling populer adalah PDF. Bahkan file PDF memiliki beragam keunggulan dibandingkan jenis lain salah satunya dalam hal keamanan. Banyak fitur keamanan sehingga saat kalian ingin membagikannya di internet akan lebih aman.

Kelebihan File PDF

Kelebihan dari file PDF selain aman yaitu bisa berdiri sendiri dan tidak tergantung dari perangkat lunak, sistem operasi dan lainnya. Jadi kalian bisa mentransmisikan file PDF dengan aman tanpa masalah. Tidak hanya itu saja cara edit file PDF juga tergolong mudah dan itu bisa menjadi keunggulan lainnya.

Bacaan Lainnya

Cara Mengedit File PDF

Saat melakukan pengeditan permasalahannya banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana mengedit dengan cepat dan mudah. Banyak dari kalian beranggapan ketika akan melakukan pengeditan harus mengubahnya menjadi Word terlebih dahulu.

Padahal saat ini sudah banyak software maupun aplikasi yang bisa kalian digunakan untuk melakukan pengeditan langsung melalui laptop ataupun komputer. Bagi kalian yang penasaran apa saja aplikasinya bisa menyimak informasi berikut.

  • Microsoft Word

    Cara yang pertama menggunakan Microsoft Word yang mana caranya mirip dengan mengubah file PDF ke Word terlebih dahulu kemudian barulah diedit. Penting untuk diperhatikan mengedit dengan cara ini menyebabkan beberapa karakter baik huruf maupun angka tidak terbaca.
    Walaupun memiliki kekurangan namun aplikasi tersebut sangat berguna terutama bagi yang tidak memiliki aplikasi edit khusus untuk PDF. Langkah paling awal tentu saja buka Microsoft Word dan klik file.
    Jika sudah maka klik pilihan open dan pilih mana file PDF yang akan kalian edit. Kemudian muncul notifikasi yang berisikan bahwa beberapa karakter di dalam file PDF akan berubah ketika dibuka melalui Microsoft Word dan sebagai bentuk persetujuan maka klik ok.
    Tunggu beberapa saat hingga file berhasil dibuka dan muncul notifikasi dan klik saja enable editing yang letaknya di tengah bagian atas. Untuk selanjutnya kalian hanya perlu melakukan pengeditan sesuai kebutuhan dan simpan dengan klik file kemudian save as dan nanti pada pilihan save as type kalian pilih saja PDF, cara edit file PDF yang sangat mudah bukan.

  • Adobe Acrobat Reader

    Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah Adobe Acrobat Reader yang mana aplikasi ini paling sering digunakan orang-orang untuk membuka serta melakukan pengeditan PDF. Jadi ini bisa menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan Microsoft Word.
    Jika kalian belum memiliki aplikasi ini maka sangat disarankan untuk mengunduhnya terlebih dahulu, bagi yang sudah memiliki maka bisa lewati tahap ini. Langkah selanjutnya buka aplikasi dan klik bagian my computer ataupun cloud yang berguna untuk menemukan mana file PDF milik kalian yang akan diedit.

Langkah selanjutnya klik edit PDF jika file yang kalian edit sudah ditemukan. Setelah itu kalian bisa melakukan pengeditan dengan mudah seperti halnya saat kalian menggunakan Microsoft Word. Jika sudah maka lakukan penyimpanan dengan klik file yang letaknya pada bagian pojok kiri dan klik save as.

Aplikasi Edit PDF Penting Dimiliki

Jadi itulah beberapa cara edit file PDF yang bisa kalian praktikkan, sangat mudah bukan. Namun bagi kalian yang sering melakukan pengeditan PDF sangat disarankan memiliki aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader pada laptop kalian.

Memang saat ini sudah ada layanan untuk mengedit PDF secara online. Namun ini memiliki kekurangan terutama jika kalian tidak memiliki jaringan internet dan pekerjaan terganggu. Maka memiliki aplikasi khusus pengedit PDF merupakan hal yang wajib dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *