Wajib Tahu! 8 Daftar Penyakit Ini Berpotensi Muncul karena Faktor Genetik

Siapa pun pasti ingin hidup sehat tanpa adanya penyakit yang menjangkiti tubuh. Tak heran kalau banyak di antara kita yang melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi ada saja hal yang membuat kita tetap rentan mengidap suatu penyakit. Salah satunya karena faktor keturunan atau genetik.

Dalam dunia medis memang mengenal adanya penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Karena itu, diperlukan upaya untuk bisa mendeteksinya sedini mungkin. Sebagai bentuk kewaspadaan, kita perlu tahu apa saja penyakit yang bisa muncul karena faktor genetik.

Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berpotensi besar dapat diturunkan. Sayangnya, masih banyak yang abai dengan penyakit ini meskipun sadar ada orangtuanya yang mengidap. Padahal, bila tidak waspada ada ancaman komplikasi pada tubuh apabila ada penyakit lain yang menjangkit, seperti hipertensi, obesitas, atau darah tinggi. Kalau sudah komplikasi, tentu risiko penyakit yang menyebabkan kematian semakin tinggi.

Jantung

Kita tidak boleh terlena pada kondisi tubuh yang sehat bugar bila ternyata salah satu orangtua kita mengidap sakit jantung. Kemungkinan penyakit ini diturunkan sangatlah besar. Apalagi kalau kita memiliki pola hidup yang kurang sehat, seperti aktif merokok, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, mengonsumsi alkohol, dan jarang berolahraga.

Asma

Penyakit satu ini memiliki potensi lebih besar diturunkan apabila yang mengidap adalah seorang ibu. Biasanya asma ini baru diketahui di rentang usia yang beragam dan karena adanya faktor tertentu. Misalnya asma dapat kambuh apabila pengidap berada di ruangan yang berdebu, atau saat suhu suatu ruangan terlalu dingin. Namun dibandingkan dua penyakit di atas, penyakit ini akan sangat jarang kambuh dan dapat dikendalikan bila pengidap dapat mengontrol pola hidup dengan baik.

Kanker

Salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti kemunculannya ini rupanya punya potensi untuk diturunkan karena faktor genetik. Meskipun menurut ahli persentase diturunkannya penyakit ini hanya 5-10% dibandingkan kemunculannya karena faktor pola hidup, namun fakta tersebut bisa menjadi sebuah peringatan dini bagi kita semua untuk waspada.

Seperti halnya yang dilakukan Angelina Jolie. Ia pernah melakukan pencegahan dini karena khawatir terkena kanker payudara dan ovarium yang sempat diderita oleh ibu dan neneknya.

Hemofilia

Mungkin namanya terdengar asing di telinga kita, hemofilia sendiri adalah penyakit yang menyebabkan adanya gangguan pembekuan darah. Pembekuan darah dikendalikan oleh kromosom X yang akan aktif saat tubuh mengalami luka atau pendarahan.

Menurut medis, kaum pria menjadi golongan yang rentan menderita penyakit ini. Sementara kaum perempuan hanya sebagai pembawa. Hal yang membuat penyakit ini sulit dicegah untuk diturunkan, ialah karena setiap anak akan terlahir dengan satu kromosom dari ayah dan satu dari ibu.

Alzheimer

Orang yang mengidap Alzheimer akan mengalami kesulitan dalam hal mengingat. Biasanya penyakit ini baru akan ada saat menginjak usia di atas 60 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan sudah akan muncul di usia yang lebih muda. Risiko menderita Alzheimer akan semakin tinggi apabila ternyata orangtua mengidapnya. Namun, Alzheimer diketahui lebih sering mendera wanita daripada pria.

BACA JUGA Asuransi Kesehatan Prudential

Thalasemia

Thalasemia merupakan kelainan darah yang membuat hemoglobin di dalam diri penderitanya mudah pecah. Sehingga penderita ini biasanya akan terlihat lebih pucat. Kabar buruknya, anak yang menderita Thalasemia sejak dalam kandungan berpotensi meninggal ketika dilahirkan. Sekalipun ada yang bertahan hidup, ia harus rutin mendapatkan transfusi darah.

Alergi

Bila kedua orangtua memiliki riwayat alergi, maka besar kemungkinan atau 70% peluang bagi keturunannya ikut mengidap alergi. Pemicu kambuhnya alergi beragam, ada karena faktor makanan, lingkungan, sentuhan, dan lain sebagainya.

Reaksi yang ditimbulkan pun beragam. Ada yang gatal-gatal, bersin, hingga sulit bernapas. Meski alergi terkesan sepele, tapi untuk beberapa kasus alergi dapat menyebabkan kematian. Karena itu, jangan anggap remeh suatu alergi sekalipun terkesan tak berbahaya.

Munculnya penyakit karena faktor genetik memang tidak dapat dicegah, tapi faktor risikonya dapat diminimalisir. Caranya adalah dengan melakukan deteksi sejak dini agar penanganan dapat segera dilakukan. Kita bisa mulai meminimalisir risiko dengan mengajak keluarga untuk medical check up.

Sebagai alternatif pilihan, kita bisa melakukan medical check up ke Melaka, Malaysia. Kenapa mesti jauh-jauh ke sana? Karena di Melaka terdapat banyak rumah sakit yang menawarkan paket medical check up yang terjangkau dan hasilnya bisa selesai dalam 1 hari. Selain itu, kita juga bisa sekalian mengajak keluarga berlibur bersama. Jadi sambil menyelam minum air. Berlibur sambil medical check up.

Tak perlu khawatir bila belum tahu apa pun mengenai informasi rumah sakit di sana. Cukup hubungi kantor perwakilan resmi rumah sakit Melaka, seperti BerobatkeMelaka.com. Di BerobatKeMelaka.com kita bisa berkonsultasi tentang pilihan paket medical check up yang tersedia di berbagai rumah sakit di Melaka, Malaysia.

Mari jaga orang-orang tersayang dengan melakukan medical check up sejak dini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *